Dewasa ini, minyak bulus semakin banyak orang mencarinya. Sehingga permintaan konsumen bisa lebih besar dari pada ketersediaan minyak bulus asli. Sering kali kondisi ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, para duplikator memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuat minyak bulus palsu. Palsu disini masih bersifat umum, bisa jadi bahan yang digunakan juga dengan minyak bulus murni dengan prosentase yang sangat sedikit kemudian dicampur dengan bahan lain, sebagian orang menyebutnya minyak bulus oplosan. Lalu, bahayanya dimana?

minyak bulus palsu

Bahaya minyak bulus palsu oplosan

Kita tidak bisa meng-claim semua minyak bulus oplosan berbahaya, karena tidak semua yang oplosan menggunakan bahan-bahan yang membahayakan bagi kulit. Hanya saja kemungkinan besarnya manfaat yang akan didapat tidak bisa optimal sebagaimana jika menggunakan minyak bulus yang benar-benar asli dan murni.

Bahaya minyak bulus palsu bilamana produk yang dimaksud tersebut menggunakan bahan-bahan kimia yang membahayakan kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

Maksudnya seperti ini,
Anda tahu bahwasannya salah satu fungsi dan khasiat minyak bulus bisa untuk mengatasi jerawat, bisa jadi para duplikator akan terfokus pada manfaat ini. Mereka akan mencampur dengan bahan kimia yang memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Sehingga produk imitasi (minyak bulus palsu) yang diclaim sebagai minyak bulus murni akan sangat berkhasiat mengatasi jerawat, padahal yang berperan aktif mengatasi jerawat bukan minyak bulusnya, tetapi bahan kimianya. Ini yang banyak orang terkecoh, sehingga justru akan menyangka produk yang dimaksud asli.

Bahayanya dari oknum seperti ini jika menggunakan bahan kimia, mereka tidak terlalu memikirkan takaran standard untuk kosmetik, bisa jadi bahan yang digunakan melebihi standard yang diperbolehkan. Berbeda dengan pabrik kosmetik yang juga menggunakan bahan-bahan kimia yang sama, tetapi mereka memiliki tim tenaga ahli dan mengikuti prosedural dari BPOM, sehingga masih bisa dipertanggung jawabkan.

Sudah menjadi rahasia umum, jika kulit terkena bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam jangka waktu yang lama, maka bisa terjadi iritasi, gatal-gatal dan hal yang terparah bisa menyebabkan kanker kulit.

Untuk menghindari bahaya dari minyak bulus yang palsu, hal utama yang harus anda perhatikan adalah dengan mendapatkannya di toko yang terpercaya dan amanah. Selanjutnya, anda diharapkan juga mengetahui beberapa ciri minyak bulus asli. Dengan demikian, anda bisa meminimalisir mendapatkan minyak bulus palsu.