Dewasa ini, minyak bulus makin banyak dicari oleh banyak orang mengingat banyaknya khasiat yang ada padanya. Meski memiliki bau amis, akan tetapi bau amis minyak bulus ini berbanding lurus dengan khasiat yang akan didapatkan nantinya. Akan tetapi jangan salah, masih ada sebagian orang yang belum begitu familiar tentang apa itu minyak bulus. Ada sebagian yang beranggapan minyak bulus itu sama dengan minyak penyu, atau minyak kura-kura. Padahal reptil-reptil tersebut berbeda. Lihat foto dibawah ini biar lebih jelas.

apa itu minyak bulus

Lalu, apa itu minyak bulus?

Seperti yang terlihat pada foto gambar diatas, bahwasannya bulus tidak sama dengan penyu/kura-kura. Salah satu perbedaan yang mendasar yaitu bahwa bulus memiliki cangkan rumah yang lunak, sedangkan lainnya memiliki cangkang rumah yang keras. Jadi minyak bulus itu dihasilkan dari binatang reptil yang bernama bulus, bukan kura-kura ataupun bukan penyu. Tentunya khasiatnya berbeda jika seseorang mengambil minyak dari binatang kura-kura atau penyu. Kami rasa anda sudah tahu tentang apa itu minyak bulus, lalu tahukah anda bagaimana minyak bulus bisa didapatkan?

Cara pembuatan minyak bulus

Secara garis besar, ada 2 macam cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan minyak bulus. Bahkan 2 cari ini sudah biasa dilakukan untuk memproduksi minyak bulus dalam skala besar. 2 cara yang dimaksud adalah :

1. Penjemuran
Cara ini pertama kali dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu. Dengan cara penjemuran dengan sinar matahari, kualitas yang akan dihasilkan dari minyak bulus akan lebih baik. Jadi tidak heran jika harga minyak bulus yang dilakukan dengan proses penjemuran lebih mahal dibandingkan cara oven.

2. Oven
Seiring dengan majunya perkembangan jaman, maka pengolahan/pembuatan minyak bulus juga semakin canggih. Salah satunya dengan melakukan oven. Oven ini bisa menggunakan api atau sebagian sudah ada dengan menggunakan listrik.

2 Cara diatas memang ada nilai plus dan minus nya masing-masing. Jika menginginkan produksi yang banyak, maka cara oven akan lebih cepat menghasilkan minyak bulus. Akan tetapi jika ingin mendapatkan kualitas yang lebih baik, cara penjemuran lebih disarankan. Jadi sekarang anda sudah tahu apa itu minyak bulus dan bagaimana cara untuk mendapatkan minyak tersebut.